Rabu, 04 September 2013

Olahraga Selama Kehamilan


               Meskipun sedang hamil, olahraga tetap harus dilakukan meski dengan berbagai catatan. Salah satu hal yang harus Bunda perhatikan adalah, mulailah berolahraga ringan yang sesuai untuk Ibu hamil. Jika sebelum hamil Bunda sudah terbiasa berolahraga, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi fisik saat hamil. Lebih baik konsultasikan dahulu pada dokter mengenai hal ini.

               Olahraga dapat membantu Bunda beristirahat yang baik. Mengapa? Melakukan olahraga akan mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan stamina. Bagi Ibu hamil sebaiknya lakukan olahraga yang nonkompetitif, seperti  berenang dan berjalan kaki. Hindari olahraga yang beresiko cedera seperti bermain basket atau berkuda. Jika usia kehamilan bertambah, disarankan untuk mengurangi aktivitas rutin dan olahraga yang Bunda lakukan. Lebih baik lakukan olahraga yang berupa gerak lambat dan jarak pendek, misalnya yoga.

               Saat berolahraga hindari gerakan cepat dan mengejutkan. Hal ini untuk mencegah terjadinya cedera. Salah satu olahraga yang cocok untuk ibu hamil adalah berjalan kaki sekitar 15- 30 menit setiap harinya. Bagi yang tidak biasa berolahraga lakukan secara bertahap, misalnya hari ini berjalan kaki selama 15 menit selama seminggu. Minggu berikutnya ditambah menjadi 10 menit. Begitu seterusnya. Namun, jangan sampai Bunda memaksakan diri untuk berolahraga. Jika dokter membatasi aktivitas Bunda serta menyarankan bedrest karena kehamilan sedikit bermasalah, sebaiknya Bunda berhenti berolahraga.

               Setelah melewati minggu ke 20 kehamilan atau sekitar bulan ke-5 Bunda bisa memulai senam hamil. Senam hamil berfungsi untuk memperkuat dan melenturkan otot- otot dinding perut dan dasar panggul pada proses persalinan. Senam hamil juga akan memberikan rasa rileks pada tubuh untuk mengatasi rasa sakit akibat persalinan. Secara kesuluruhan, senam hamil akan membantu Bunda mempermudah proses persalinan.

Alamat Klinik:

Permata Mansion
Blok EE 3 No. 5 Sawangan - Depok
081 29821 5588 (SMS)
Follow Us on Twitter: @BidanGemilang
Email: TanyaBidanGemilang@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar