Sabtu, 02 Mei 2015

MANFAAT SENAM HAMIL

Masa kehamilan adalah saat-saat paling ditunggu bagi pasangan suami istri. Setiap pasangan pasti berupaya menjaga kondisi kandungan agar proses kehamilan berjalan lancar tanpa ada hambatan. Bagi sebagian wanita, fase yang paling menakutkan selama masa kehamilannya adalah saat persalinan. Apalagi jika metode persalinan yang dipilih adalah persalinan secara normal. Rasa sakit dan perjuangan saat melahirkan secara normal sudah terbayang di depan mata. Lalu apa yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi hal ini? Salah satu caranya adalah dengan melakukan senam hamil. Menjaga kesehatan Bunda dan bayi dalam kandungan merupakan prioritas pertama dari setiap pasangan. Selain untuk menjaga kebugaran fisik dari calon ibu, senam hamil ternyata juga bisa membantu kelancaran proses persalinan.

Meskipun gerakannya terlihat ringan dan tidak membutuhkan banyak energi jika dibandingkan dengan senam yang lainya, tetapi gerakan-gerakan dalam senam hamil telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh ibu hamil. Senam hamil juga memberikan efek positif yang cukup signifikan bagi proses kelahiran. Senam hamil membuat sang calon ibu mampu untuk menguasai teknik pernafasan yang benar dan baik saat persalinan. Ada beberapa gerakan senam hamil yang memang menggunakan teknik pernafasan.
Senam hamil merupakan salah satu olah raga khusus yang dilakukan oleh ibu hamil. Gerakan-gerakan dari senam hamil telah disesuaikan untuk kenyamanan dan keamanan ibu hamil, sehingga tidak beresiko menimbulkan masalah pada ibu maupun calon bayi di dalam kandungan. Lalu, apa saja manfaat lain yang bisa didapatkan dari senam hamil?
Manfaat senam hamil bukan hanya untuk fisik saja, tapi psikis seorang ibu hamil harus dilatih supaya bisa lebih tenang dan rilek. Ketenangan saat menjalani kehamilan sangat diperlukan. Ketenangan saat hamil berdampak pada kesehatan ibu hamil dan calon bayi. Jika perasaan tenang dan bahagia, maka efek positif yang akan ada pada calon ibu tersebut.
Saat persalinan, senam hamil bermanfaat untuk memberikan ketenangan pada calon ibu. Perasaan cemas dan takut akan persalinan akan selalu ada pada wanita yang akan menjalani proses persalinan. Namun dengan pelatihan senam hamil yang secara rutin, maka otot yang menegang di otak dan organ tubuh calon ibu akan berelaksasi seiring energi positif yang dialirkan dari otak ke seluruh tubuh calon ibu tersebut, sehingga bisa memperlancar persalinan. Manfaat lain yang bisa didapat dari rutin menjalankan senam hamil adalah:
1.    Melatih Teknik Pernafasan
Dengan melakukan senam hamil secara rutin maka anda akan mendapatkan oksigen secara optimal. Hal ini sangat membantu selama proses persalinan.
2.    Melatih Relaksasi
Saat Bunda menjalani proses kehamilan, sebuah relaksasi pada tubuh sangat dibutuhkan, selain untuk mencegah timbulnya stres, relaksasi juga baik untuk perkembangan janin, sehingga bisa mengurangi rasa tegang saat proses persalinan nanti.
3.    Mengurangi Keluhan
Bentuk serta sikap tubuh orang hamil sangat berbeda dengan yang lainya, senam hamil dapat membantu mengurangi keluhan terhadap perubahan bentuk tubuh.
4.    Melatih Kelenturan

Seorang Bunda yang sedang mengalami proses kehamilan biasanya akan merasa nyeri di perut dan bokong, dengan melakukan senam hamil, Bunda akan memperkuat elastisitas beberapa otot pada dinding perut sehingga akan mengurangi rasa nyeri pada perut dan bokong.

Meski khasiat senam hamil sangat banyak, tetap saja ada aturan sebelum melakukan senam hamil, karena ada beberapa ibu hamil yang tidak boleh melakukannya. Apa saja syarat-syarat sebelum melakukan senam hamil?
1.    Bunda yang sudah mengalami masa kehamilan 22 minggu
2.    Sudah mendapatkan persetujuan dari dokter atau pun bidan, untuk mengetahui kalau Bunda tidak punya gangguan kesehatan saat senam
3.    Hentikan senam jika terjadi keluhan seperti, pendarahan, nyeri, dan sering kontraksi. Lalu tanyakan hal tersebut pada dokter.

4.    Bagi Ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit paru, kelainan letak plasenta, hipertensi, pendarahan, dan preeklamsia, tidak disarankan untuk melakukan program senam hamil. 
Demi keamanan lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan Bunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar