Kamis, 27 Februari 2014

Sesaat Bayi Lahir

Lakukan empat hal ini, sesaat setelah dia hadir di dunia. Sentuh, ajak ‘bicara’, beri ASI, dan jaga ucapan serta perilaku Anda.

Sentuh. Begitu keluar dari rahim Anda, biarkan bayi Bunda merangkak dan merayap di dada Bunda untuk mencari puting payudara, seperti yang dianjurkan dalam  program Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Jangan dibungkus selimut dan diletakkan di tempat tidur bayi, tapi peluk dan dekaplah dia di dada Bunda.

Ajak 'bicara.' 
Dia mengenali suara Bunda, ibunya, sejak di dalam rahim. Dia tahu siapa Bunda. Suara Bunda akan membantu menenangkan bayi yang masih bingung dan kaget dengan suasana baru di luar rahim. Menyanyilah meski Bunda bukan penyanyi! Bayi Bunda akan menikmati nyanyian Bunda.

Ucapkan & lakukan yang baik-baik. Bunda mungkin sangsi. Tapi, bayi Bunda adalah makhluk cerdas! Dia peniru hebat. Semua yang Bunda katakan dan lakukan akan direkam dan diingatnya sejak pertama kali dia bertemu Bunda. Karena itu, jaga ucapan dan perilaku Bunda karena Anda adalah panutan baginya.  

Beri ASI. Apa pun yang Bunda makan ikut dimakan bayi Anda melalui ASI yang Bunda berikan. ASI merupakan makanan dan sumber energi penopang kehidupan bayi Bunda selama menjalani kehidupannya, minimal 6 bulan pertama. Kegiatan menyusui merupakan sarana untuk menguatkan bonding di antara Bunda dan bayi Bunda sebagai ungkapan cinta dan kasih sayang Bunda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar