Kamis, 13 Juni 2013

Persiapan Menjelang Persalinan

Selain persiapan fisik, Anda juga perlu melakukan beberapa persiapan mental. Berikut beberapa persiapan fisik dan mental. Berikut beberapa persiapan fisik dan mental yang sebaiknya dilakukan menjelang persalinan.

1. Bekali diri dengan pengetahuan tentang persalinan melalui buku dan menggali informasi sebanyak - banyaknya saat berkonsultasi dengan dokter/ bidan Anda. Semakin banyak yang Anda ketahui, Anda akan semakin tenang menjalani proses persalinan. Hati - hati jika ingin mencari informasi melalui internet, pastikan narasumbernya betul - betul seorang tenaga kesehatan. Bergabunglah dengan komunitas milis, namun jangan "menelan mentah - mentah" informasi yang didapat dari milis, konfirmasi informasi yang didapat kepada dokter/ bidan Anda.

2. Bicarakan kekhawatiran Anda dengan orang - orang terdekat Anda. Tidak perlu merasa takut diremehkan, orang - orang terdekat Anda pasti bisa memberikan dukungan moral yang cukup melegakan hati.

3. Bergabunglah dalam kelas persiapan sebelum persalinan (antenatal). Banyak Rumah Bersalin dan Rumah Sakit yang mengadakan kelas persiapan persalinan. Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan dan teman senasib yang sedang menunggu saatnya bersalin tiba.

4. Ketahuilah hal - hal penting seperti kapan harus ke tempat bersalin, bagaimana cara mengejan yang baik dan benar, bagaimana mengatur nafas dan sebagainya. Dianjurkan untuk segera ke tempat bersalin jika kontraksi sudah muncul setiap 5-10 menit sekali dengan frekuensi yang tetap (teratur) dan bertambah kuat. Waspadai juga apabila keluar lendir darah dan ketuban pecah. Keluarnya lendir darah merupakan suatu yang normal, itu pertanda mulut rahim Anda sudah mulai menipis dan membuka. Segera ke tempat bersalin jika keluar air ketuban.

5. Berdoalah. Perbanyak ibadah, bersedekah dan berbuat baiklah pada orang - orang disekitar Anda, terutama pada Suami dan Orang Tua Anda. Perbuatan Anda pada Suami dan Orang Tua sangatlah berpengaruh pada proses persalinan Anda.

Alamat Klinik:
Permata Mansion
Blok EE 3 No. 5 Sawangan - Depok
081 29821 5588
Follow Us on Twitter: @BidanGemilang
Email: TanyaBidanGemilang@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar