Kamis, 13 Juni 2013

Mengenal Kulit Anak

Kulit merupakan organ terbesar dan memiliki fungsi. Kulit manusia terbiat dari lapisan terluar (epidermis) dan lapisan di dalam (dermis). Pada epidermis terdapat lapisan yang dapat mengelupas dan digantikan oleh sel - sel baru, ada pula lapisan yang menahan gesekan dari luar dan lapisan yang mengandung pigmen melanin, pemberi warna pada kulit.

Pada dermis terdapat pembuluh darah, akar rambut, ujung syaraf, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak. Fungsi lain lapisan ini adalah alat ekskresi, penerima rangsangan, pelindung dari kerusakan fisik, penyinaran, dan bibit penyakit serta alat pengatur suhu tubuh. Lapisan ini juga mengandung kolagen dan elastin, zat yang membuat kulit menjadi lebih fleksibel dan kencang.

Fungsi Kulit Secara Umum:
1. Sebagai alat pengeluaran berupa kelenjar keringat
2. Sebagai alat peraba
3. Sebagai pelindung organ dibawahnya
4. Tempat dibuatnya vitamin D dengan bantuan sinar matahari
5. Pengatur suhu tubuh
6. Tempat penimbun lemak

Menjaga kulit tetap sehat tentu harus dimulai dari dalam. Jagalah asupan makanan, pencernaan, kebersihan, atau keadaan fisik anak. Di awal kehidupan, kulit bayi sangatlah sensitif. Ada yang merupakan akibat hormon Ibu, misalnya bintil - bintil keputihan yang disebut milia. Ada juga akibat paparan langsung kulit terhadap perubahan suhu sekitar. Di dalam kandungan, kulit bayi dilindungi cairan ketuban sehingga saat lahir kulitnya tampak halus.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Bayi:
1. Perhatikan keseimbangan gizi makanannya. Pastikan anak banyak mengkonsumsi sayur dan buah serta cukup minum air putih
2. Biasakan si kecil hidup bersih, mandi dua kali sehari dan cuci tangan setiap pulang bepergian, atau hendak makan
3. Untuk si kecil yang aktif berada diluar ruangan, misalnya jika sedang bepergian ke pantai, jangan lupa sediakan selalu krim pelindung kulit dari sinar matahari atau sunblock khusus anak
4. Khusus untuk kulit bayi, sediakan krim khusus bayi, sediakan krim khusus bayi, misalnya krim pelindung kulit dari sinar matahari atau lotion. Kulit bayi masih sangat sensitif dan harus selalu dilindungi. Namun, jika kulitnya sangat sensitif, biarkan kulitnya terbebas dari segala bedak, krim atau lotion yang kadang - kadang dapat menyebabkan kulit kasar dan kemerahan.

Alamat Klinik:
Permata Mansion
Blok EE 3 No. 5 Sawangan - Depok
081 29821 5588
Follow Us on Twitter: @BidanGemilang
Email: TanyaBidanGemilang@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar