Senin, 27 April 2015

GANGGUAN SIKLUS MENSTRUASI


Gangguan siklus menstruasi dapat menyebabkan menstruasi seorang wanita menjadi jarang terjadi atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Meskipun beberapa wanita tidak keberatan kehilangan periode menstruasi mereka, perubahan siklus menstruasi ini harus selalu didiskusikan dengan dokter karena ini merupakan sebuah sinyal kondisi medis yang berpotensi mempengaruhi kesehatan jangka panjang. Seorang wanita yang tidak mengalami menstruasi selama tiga bulan atau lebih (baik berturut-turut atau selama satu tahun) harus memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan yang ada.
Tidak terjadinya menstruasi atau istilah medisnya Amenore, diklasifikasikan sebagai berikut:
·         Primer (saat periode menstruasi belum mulai di usia 15 tahun)
·      Sekunder (saat periode menstruasi tidak hadir selama lebih dari tiga sampai enam bulan pada wanita yang sebelumnya memiliki telah memiliki siklus menstruasi)

Oligomenore. Oligomenore adalah istilah medis untuk periode menstruasi yang jarang terjadi (kurang dari enam sampai delapan siklus per tahun). Penyebab, evaluasi, serta pengobatan amenore dan oligomenore adalah sama, yuk kita bahas secara bersama – sama.

PENYEBAB menstruasi yang tidak teratur diantaranya adalah Otak (termasuk hipotalamus dan kelenjar hipofisis), ovarium, dan uterus biasanya mengikuti urutan peristiwa sekali per bulan yang membantu untuk mempersiapkan tubuh untuk kehamilan. Dua hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis, yaitu hormon perangsang folikel (FSH) dan luteinizing hormone (LH). Dua hormon lainnya adalah progesteron dan estrogen, yang dibuat oleh indung telur. Gangguan siklus menstruasi dapat disebabkan oleh kondisi yang mempengaruhi hipotalamus, kelenjar pituitari, ovarium, rahim, leher rahim, atau vagina.

Amenore Primer - Beberapa penyebab yang lebih umum dari amenore primer adalah sebagai berikut:
·   Kondisi yang muncul pada saat lahir, tetapi mungkin tidak diperhatikan hingga masa pubertas. Kondisi ini termasuk kelainan genetik atau kromosom dan kelainan organ reproduksi (misalnya, jika rahim berkembang secara normal).
·      Semua kondisi yang menyebabkan amenore sekunder juga dapat menyebabkan amenore primer.

Amenore Sekunder - Kehamilan adalah yang penyebab paling umum dari amenore sekunder. Penyebab umum lainnya adalah sebagai berikut:
·     Kondisi ovarium, seperti sindrom ovarium polikistik dan insufisiensi ovarium (menopause dini).
·        Amenore hipotalamus. Hal ini terjadi ketika hipotalamus memperlambat atau menghentikan pelepasan GnRH (Gonadotropin Releasing Hormone), hormon yang berpengaruhi ketika seorang wanita memiliki siklus menstruasi.

Amenore hipotalamus yang berhubungan dengan berat badan rendah (didefinisikan sebagai berat 10 persen di bawah berat badan ideal), persentase lemak tubuh yang rendah, gangguan seperti anoreksia nervosa atau bulimia nervosa, stres emosional, dan beberapa kondisi medis atau karena penyakit. Namun, dalam beberapa kasus, tidak ada penjelasan yang jelas untuk amenore hipotalamus.
·         Prolaktin - Mensekresi tumor hipofisis adalah penyebab lain amenore sekunder.

Banyak kondisi yang menyebabkan amenore primer atau sekunder juga dapat menyebabkan seorang wanita mengalami ovulasi tidak teratur (oligomenore). Namun, kebanyakan wanita yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur jarang mengidap sindrom ovarium polikistik.

Evaluasi amenore atau oligomenore termasuk riwayat medis dan pemeriksaan fisik lengkap. Seringkali ada petunjuk tentang penyebab amenore dalam sejarah medis wanita baik secara pribadi atau dari keluarganya. Seorang wanita harus menyebutkan jika dia punya masalah kesehatan selama masa bayi atau masa kanak-kanak, ketika siklus menstruasi pertama mulai (jika ada siklus pertama) dan seberapa sering siklus telah terjadi. Jika memungkinkan, wanita juga harus menyebutkan apabila ada riwayat dari keluarga yang siklus menstruasi tidak teratur.

Hal penting lainnya termasuk adanya kelainan pada payudara, hot flashes, jerawat, rambut wajah atau dada, dan sakit kepala atau gangguan penglihatan. Dokter juga akan menanyakan tentang obat, herbal, dan vitamin yang dikonsumsi, stres yang (mungkin) sedang dialami, prosedur ginekologi yang pernah dilakukan, perubahan pola berat badan, diet, atau olahraga, dan penyakit.
Selama dilakukan pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa wajah, leher, dada, dan perut. Pemeriksaan panggul juga akan dilakukan. Apa saja test yang akan dilakukan? Tergantung pada individu, dokter mungkin menyarankan untuk melakukan tes darah. Karena kehamilan adalah penyebab paling umum dari amenore sekunder. Tes kehamilan biasanya dianjurkan untuk wanita yang siklus menstruasinya telah berhenti. Selain itu, pemeriksaan darah dilakukan untuk mengukur kadar hormon.

Dalam kasus-kasus tertentu, pemeriksaan MRI dapat dilakukan untuk menentukan apakah ada kelainan kelenjar hipotalamus atau hipofisis di otak. Terkadang, pada wanita dengan dugaan kelainan kromosom, analisis kromosom dapat direkomendasikan. Pemeriksaan USG panggul mungkin disarankan untuk mengidentifikasi kelainan rahim, leher rahim, dan vagina.

Setelah semua penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur ditemukan, lalu bagaimana mengobatinya? Sebelum kita membahasnya, tujuan pengobatan adalah untuk memperbaiki kondisi yang mendasarinya. Bagi seorang wanita yang mencoba untuk hamil, mengembalikan kesuburan adalah tujuan utamanya.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kondisi kronis yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan kelebihan hormon androgen (hormon pria). Kebanyakan dokter akan menyarankan mengobati PCOS terlebih dahulu untuk membangun kembali siklus menstruasi yang normal dan mencegah komplikasi jangka panjang.

Amenore hipotalamus. Wanita dengan amenore hipotalamus kadang-kadang dapat melanjutkan siklus menstruasi normal setelah membuat perubahan gaya hidupnya, seperti melakukan diet tinggi kalori, mengalami kenaikan berat badan, mengurangi intensitas atau frekuensi olahraga, dan mengurangi stres emosional.
·      Berat badan rendah dan / atau kekurangan gizi. Wanita dengan gangguan makan seperti anoreksia nervosa atau bulimia seringkali membutuhkan perawatan khusus. Hal ini biasanya meliputi konseling gizi dan spesialis gangguan pola makan.
·       Olahraga berat. Meskipun olahraga menawarkan banyak manfaat kesehatan, berolahraga sering atau berlebihan dapat menyebabkan amenore. Studi menunjukkan bahwa amenore terjadi ketika asupan kalori pada seorang wanita berkurang dikarenakan olahraga dan kegiatan sehari-hari lainnya. Kebanyakan wanita dengan amenore yang berhubungan dengan olahraga juga telah kehilangan berat badan (yang mengakibatkan berat badan kurang dari 10 persen dari berat badan ideal).

Untuk wanita dengan amenore, penanganannya termasuk dengan meningkatkan asupan kalori dan mengurangi frekuensi atau intensitas olahraga. Langkah-langkah ini sangat penting jika seorang wanita sedang mencoba untuk hamil. Semua wanita dengan amenore harus memastikan untuk mengkonsumsi 1.200-1.500 mg kalsium setiap hari (atau mengkonsumsi suplemen kalsium) dan suplemen vitamin D (400 IU setiap hari).

Beberapa dokter merekomendasikan estrogen dan progestin penggantian hormon (atau kontrasepsi hormonal, seperti pil KB) untuk wanita dengan amenore hipotalamus. Perawatan ini dapat mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari.

Kegagalan ovarium. Biasanya, seorang wanita berhenti berovulasi sekitar usia 50 tahun, ini disebut menopause. Jika seorang wanita berhenti berovulasi sebelum usia 40, ini disebut kegagalan ovarium prematur (atau insufisiensi ovarium primer). Didiagnosa menderita kegagalan ovarium biasanya merupakan sesuatu yang tak terduga dan bisa menyedihkan, terutama jika wanita belum memiliki jumlah anak yang diinginkan. Dengan sebagian besar jenis kegagalan ovarium, kehamilan dapat dicapai dengan menggunakan obat kesuburan berupa suntikan dan donor sel telur (oosit).

Meskipun kegagalan ovarium tidak dapat disembuhkan, terapi hormon (HT) dengan estrogen dan progesteron (atau kontrasepsi hormonal, seperti pil KB) dapat membantu mencegah atau mengobati banyak gejala dan konsekuensi jangka panjang dari menopause, seperti hot flashes , vagina kering, dan osteoporosis. HT memiliki risiko tersendiri pada wanita yang lebih tua. Namun, (usia 20 sampai 50 tahun) wanita muda yang mengambil HT tidak memiliki risiko yang sama jika dibandingkan dengan wanita yang berusia lebih dari 50 tahun yang menjalani HT.
Prosedur ini untuk memberikan terapi hormon bagi wanita dengan kegagalan ovarium prematur sampai usia 50 tahun, usia rata-rata menopause. Wanita dengan amenore dan hiperprolaktinemia biasanya dapat memiliki siklus menstruasi yang normal dan hamil ketika diobati dengan obat yang disebut agonis dopamin (bromokriptin dan cabergoline adalah contoh). Beberapa kondisi kelenjar hipotalamus dan hipofisis yang menyebabkan amenore, seperti kekurangan hormon gonadotropin-releasing hormone (GnRH), yang ireversibel. Namun, wanita dengan kondisi ini dapat memiliki periode menstruasi dan hamil ketika diobati dengan obat kesuburan injeksi.


Beberapa prosedur ginekologi, seperti dilatasi dan kuretase (D & C), dapat menyebabkan perlengketan (sejenis jaringan parut), yang merusak lapisan rahim. Jika adhesi yang luas, kehilangan darah menstruasi akan berkurang atau tidak ada. Seorang dokter dapat merekomendasikan operasi untuk mengangkat jaringan bekas luka, diikuti dengan pengobatan estrogen untuk merangsang pertumbuhan kembali lapisan. Bedah sering merupakan pengobatan yang efektif jika amenore disebabkan oleh penyumbatan pada saluran reproduksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar