Jumat, 03 April 2015

SIKLUS MENSTRUASI


Siklus menstruasi pada wanita itu sangatlah unik, karena siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda – beda. Siklus menstruasi merupakan daur menstruasi yang tiap bulannya dialami seorang wanita ketika masih dalam usia produktif. Menstruasi atau haid adalah fase peluruhan dinding rahim yang terdiri dari darah dan jaringan tubuh. Fase ini berlangsung setiap bulan pada wanita. Dengan kata lain setiap, menstruasi merupakan suatu proses pembersihan dinding rahim dari pembuluh darah, kelenjar – kelenjar dan sel – sel yang tidak terpakai karena tidak adanya pembuahan.
Setiap wanita memiliki rentang siklusnya masing-masing. Meskipun rata-rata sekitar 28 hari, namun ada juga yang 24 hari, 30 hari, bahkan 35 hari.  Menstruasi akan berlangsung selama 2-7 hari dengan siklus 21-35 hari. Dengan definisi yang lebih luas, menstruasi "normal" pada setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika dirasakan menstruasi Anda tidak seperti biasanya
Seperti apa siklus menstruasi yang tidak normal atau yang tidak teratur itu? Lalu apa saja yang membuat seorang wanita tidak menstruasi? Siklus menstruasi yang tidak teratur adalah siklus yang tidak terjadi sama sekali atau yang terjadi kurang dari 6 sampai 8 kali setahun. Jika seorang wanita tidak mendapatkan menstruasi untuk sementara waktu, mungkin karena wanita tersebut hamil. Atau dalam beberapa kasus, mungkin wanita tersebut memiliki kondisi medis yang mempengaruhi otak atau sistem reproduksinya.
Apa yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur? Siklus menstruasi menjadi tidak teratur atau bahkan tidak menstruasi dapat disebabkan oleh:
·    Kehamilan.
·   PCOS (singkatan dari "Polikistik Ovarium Syndrom"). Pada wanita dengan kondisi ini, ovarium membuat terlalu banyak hormon progesteron. Hal ini dapat mengganggu siklus menstruasi pada wanita dan menyebabkan rambut berlebih pada wajah, jerawat, serta masalah dengan berat badan. PCOS adalah penyebab paling umum dari periode siklus menstruasi tidak teratur.
·    Beberapa obat-obatan, termasuk pil KB.
·    Menjadi terlalu kurus atau memiliki terlalu sedikit lemak tubuh.
·    Berolahraga terlalu banyak.
Penyebab lain dari siklus menstruasi menjadi tidak teratur atau bahkan tidak menstruasi sama sekali adalah menopause. Menopause adalah fase dalam kehidupan seorang wanita ketika ia mengalami berhenti menstruasi. Menopause biasanya terjadi pada usia antara 45 dan 55 tahun. Tapi pada beberapa wanita, menopause datang lebih awal-sebelum usia 40 tahun. Menopause dini terjadi ketika ovarium kehabisan telur lebih awal dari biasanya.
Kapan harus memeriksakan diri ke dokter jika siklus menstruasi dirasa mengganggu? Temui dokter kandungan jika:
·    Anda sudah berusia 15 tahun atau lebih dan masih belum memiliki siklus menstruasi
·   Anda sudah mengalami menstruasi rutin, tetapi kemudian Anda belum menstruasi selama lebih dari 3 bulan
·    Menstruasi terjadi lebih dari 45 hari terpisah

Selain itu, gejala lain apa saja yang harus diperhatikan pada siklus menstruasi yang tidak teratur? Pastikan untuk memberitahu dokter jika:
·    Pikirkan kemungkinan terjadinya kehamilan
·    Memiliki anggota keluarga dengan menstruasi yang tidak teratur
·    Memiliki jerawat buruk atau rambut di dada atau wajah
·    Memiliki berat badan berlebih dan mengalami kesulitan untuk menurunkannya
·   Memiliki “hot flashes”, yang merasa seperti gelombang panas yang dimulai pada dada dan wajah kemudian bergerak melalui tubuh Anda
·   Memiliki keringat berlebih pada malam hari, yang hot flashes yang terjadi ketika Anda sedang tidur
·    Baru mengalami sakit kepala atau kesulitan untuk melihat
·    Apakah sedang di bawah banyak stres
·    Baru-baru ini kehilangan berat badan
·    Sedang berolahraga lebih dari yang biasa Anda lakukan
·    Telah berubah berapa banyak Anda makan atau apa jenis makanan yang Anda makan
·    Apakah sedang mengkonsumsi obat, jamu, atau vitamin.
Ketika siklus menstruasi tidak teratur, pemeriksaan apa yang akan di anjurkan dokter? Dokter akan menentukan pemeriksaan yang akan Anda lakukan berdasarkan pada usia, gejala lain, dan situasi individu. Berikut adalah tes yang paling umum dianjurkan dokter untuk mengetahui penyebab tidak teraturnya siklus menstruasi:
·  Tes Kehamilan. Kehamilan merupakan penyebab umum dari permasalahan siklus menstruasi. Dokter Anda akan ingin mengetahui apakah Anda sedang hamil atau tidak sebelum melakukan tes lain.
·  Tes darah. Pemeriksaan darah ini bertujuan untuk mengetahui kadar hormon yang mempengaruhi sistem reproduksi.
·    MRI. Tes ini menggunakan magnet besar untuk menampilkan penampang gambar otak secara detail. Hal ini dapat menunjukkan jika ada masalah di bagian otak yang mengontrol hormon tubuh.
·    USG panggul. Pemeriksaan ini menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar rahim, leher rahim, dan vagina. Gambar dapat menunjukkan jika ada sesuatu yang salah dengan organ-organ ini.

Setelah penyebab siklus menstruasi telah diketahui, lalu pengobatan apa yang biasanya akan dianjurkan oleh dokter? Pengobatan yang akan dianjurkan oleh dokter akan tergantung pada apa yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur, dan apakah Anda akan melakukan program hamil atau tidak. Pengobatan yang biasanya akan dianjurkan oleh dokter adalah:

·         Pil KB untuk membuat siklus menstruasi menjadi teratur
·         Mengurangi berat badan jika berat badan Anda berlebihan
·         Obat untuk membantu program hamil, jika Anda mengalami kesulitan untuk hamil
·         Mengubah pola makan dan olahraga, seperti:
           -       Makan lebih banyak kalori
           -       Menambah berat badan jika Anda terlalu kurus
           -       Mengurangi frekuensi berolahraga, jika Anda berolahraga terlalu banyak
           -       Mengurangi stres
·         Hormon untuk mengobati hot flashes (jika Anda akan mengalami menopause dini)
·         Operasi untuk memperbaiki masalah dalam sistem reproduksi

Lalu, siklus menstruasi yang tidak teratur dapatkah kita cegah? Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat dicegah dengan mengatur pola makan yang sehat dan menjaga agar berat badan tetap stabil. Menjadi terlalu kurus atau kenaikan berat badan yang signifikan dapat menjadi penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar