Kamis, 10 Oktober 2013

Gumoh


Gumoh berbeda dengan muntah. Muntah adalah keluarnya isi perut karena gejala suatu penyakit. Sedangkan gumoh merupakan tanda lambung belum siap sempurna fungsinya, lambung terlalu penuh, bisa juga susu belum masuk ke dalam lambung, tetapi bayi sudah diletakkan dalam posisi telentang hingga isi perut keluar lagi. gumoh akan berkurang ketika bayi bisa berdiri atau duduk (sekitar usia 9 bulan)

Hampir setiap bayi mengalami gumoh, jadi Bunda tidak perlu khawatir berlebihan. Untuk menguranginya pastikan Bunda menyusui dengan cara yang benar dan jangan baringkan bayi setelah menyusui. Sendawakan bayi terlebih dahulu sebelum membaringkannya. Bunda juga bisa menggendongnya dengan posisi kepala yang lebih tinggi daripada badan.

Waspada jika gumoh keluar melalui hidung, terutama untuk bayi di bawah usia 6 bulan. Cairan gumoh dapat terhisap ke jalan napas (paru-paru) hingga menyebabkan gangguan pernapasan akut. Untuk mengatasinya hisaplah cairan keluar lewat hidung atau gunakan penghisap untuk bayi. Setelahnya bersihkan hidung bayi menggunakan cotton bud yang basah.

Alamat Klinik:
Permata Mansion
Blok EE 3 No. 5 Sawangan - Depok
081298215588(SMS)
Follow us twitter @BidanGemilang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar