Kamis, 17 Oktober 2013

Kenapa Bayi Enggan Menyusu??

Ada kalanya si kecil memang menolak disusui ASI. Ada beberapa penyebab yang membuat bayi tampak enggan menyusu. Penyebab tersebut antara lain:

·        Bayi sudah diberi susu formula dari botol. Ini menyebabkan bayi bingung putting dan lebih senang mengisap dari dot botol yang lebih mudah diisap. Akibatnya bayi enggan berusaha saat menyusu pada ibu.

·        Teknik menyusui yang salah sehingga ASI yang keluar sedikit. Ini membuat bayi frustasi dan enggan menyusu.

·        Terganggu semburan ASI. Aliran ASI yang terlalu cepat dan deras membuat bayi kerap tersedak saat menyusu.

·        Suasana yang tidak menyenangkan, misalnya udara sangat panas, atau terlalu ramai, yang membuat bayi terganggu dan menolak disusui.

·        Rasa sakit yang didapat selama proses kelahiran membuatnya menolak menyusui, misalnya akibat proses kelahiran menggunakan alat, antara lain vakum. Aliran ASI terhambat karena payudara bengkak membuat bayi frustasi karena tidak mendapat cukup ASI.

·        Bagian kulit yang memar pada bayi yang belum pulih mungkin tertekan saat menyusu sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

·        Bayi kurang sehat, misalnya pilek. Ini membuatnya kesulitan mengatur antara bernapas dan mengisap susu dengan baik sehingga ASI yang didapat juga sedikit. Ia menjadi lelah dan frustasi sehingga menolak menyusu.

·        Bayi yang sedang terserang sariawan, atau mulutnya terinfeksi jamur candida hanya mau mengisap beberapa kali, lalu berhenti dan menangis.

·        Dibatasi jadwal menyusuinya karena ibu mengandalkan pengetahuan melalui teori yang salah dan menyusui hanya pada jam- jam tertentu. Akibatnya bayi menjadi lapar, frustasi, dan menolak disusui.
·        Bayi yang memiliki lidah yang pendek kesulitan saat menyusu.

Coba perhatikan, mana yang menjadi penyebab si bayi enggan menyusu. Setelah ittu perbaiki keadaan, atau temui ahli yang dapat membantu Bunda menemukan penyebab dan mengatasinya.

Yang Perlu Diperhatikan

Jangan pernah menghentikan upaya Bunda dalam menyusui si kecil. Hal ini akan berpengaruh pada produksi ASI. Jika jadwal menyusu terlewatkan karena satu dan lain hal, cobalah tetap memompa atau memerah payudara terstimulasi dan ASI tetap berproduksi.


Teknik Menyusui Yang Benar

Salah satu penyebab bayi enggan menyusu adalah teknik yang salah. Untuk mengetahui bahwa teknik menyusu Bunda sudah benar, perhatikan hal dibawah ini:
·        Bayi tampak tenang
·        Badan bayi menempel pada perut Bunda
·        Mulut bayi terbuka lebar
·        Dagu bayi menempel pada payudara Bunda
·        Sebagian areola masuk kedalam mulut bayi, areola bawah lebih banyak yang masuk
·        Bayi Nampak mengisap kuat dengan irama perlahan
·        Putting susu tidak terasa nyeri
·        Telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus

·        Kepala bayi agak menengadah.

Alamat Klinik:
Permata Mansion
Blok EE 3 No. 5 Sawangan - Depok
081298215588(SMS)
Follow us twitter @BidanGemilang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar