Sabtu, 29 Oktober 2016

Inisiasi Menyusu Dini Berbagai Kondisi


Saat Bunda terpaksa harus menjalani operasi Caesar untuk melahirkan buah hati, muncul pertanyaan “Apakah saya masih dapat melakukan IMD?”. Pada prinsipnya Inisiasi Menyusu Dini (IMD) tetap dapat dilakukan jika Bunda terpaksa tidak dapat melahirkan normal. IMD tetap dapat dilakukan meski bayi dilahirkan dengan cara Operasi Caesar, Ekstraksi Vakum ataupun dengan Forcep. Bagaimana caranya?

·      Operasi Caesar
Ada dua kondisi berbeda saat operasi Caesar. Operasi Caesar dengan pembiusan secara lokal (Bunda tetap sadar) dan pembiuasan secara umum (Bunda tidak sadar). IMD dapat dilakukan ika Bunda dibius lokal. Sedangkan jika dilakukan pembiusan umum, Ayah dapat melakukan IMD sambal menunggu operasi selesai. Bila kontak di tunda, bayi dapat di masukkan ke dalam inkubator. IMD dapat dilakukan setelah kondisi Bunda dan bayi stabil.

·      Jika Kondisi Tidak Memungkinkan
Ayah bisa menggantikan IMD. Yang terpenting adalah tidak ada jeda atau pemisahan terlalu lama setelah bayi lahir. Ayah melakukan IMD sampai kondisi Bunda memungkinkan dengan cara meletakkan bayi di dadanya yang tanpa baju, bisa sambil berdiri maupun duduk.

·      Bayi Kembar
Jika kondisi Bunda memungkinkan, bayi yang lahir pertama IMD pada Bunda. Ketika bayi kedua akan lahir, berikan bayi pertama kepada Ayahnya. Setelah lahir keduanya, bantu Bunda untuk melakukan IMD untuk anak kembarnya. Terutama saat anak pertama sudah siap menyusu.

·      Jika Kondisi Bayi Tidak Memungkinkan
   Jika Ayah tidak ada dan kondisi Bunda tidak memungkinkan, maka bayi harus langsung dimasukkan ke dalam incubator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar