Rabu, 10 Juli 2013

Mitos dan fakta Seputar Kehamilan



·        Mitos: Makan nanas menyebabkan keguguran?
     
      Fakta : Buah nanas mempunyai kandungan serat dan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin tentunya sangat dibutuhkan oleh Ibu hamil untuk menjaga daya tahan tubuh. Adapun, serat serat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun, bagi yang tidak tahan asam, nanas menimbulkan masalah pencernaan dan terkadang rasa mual. Hanya seseorang yang alergi nanas sehingga merasa gatal di bibir perlu menghindari makan nanas.


·        Mitos : Bentuk perut Ibu hamil (lebar atau mancung) menunjukkan jenis kelamin bayi yang dikandungnya. Jika mancung atau runcing, bayi yang dikandungnya berjenis kelamin laki-laki, sedangkan jika melebar ke samping bayi yang dikandungnya berjenis kelamin perempuan.
  
     Fakta: Belum ada bukti ilmiah yang membuktikan hal tersebut benar adanya. Bentuk perut ibu hamil, lebar ataupun mancung, diperngaruhi oleh posisi bayi serta air ketubannya. Jika posisi bayi melintang maka perut ibu akan kelihatanmelebar ke samping. Dan jika air ketubannya banyak perut Bunda akan kelihatan lebih besar. Pemeriksaan USG akan menjawab jenis kelamin bayi yang dikandung.


·        Mitos : Jika mengoleskan krim yang tepat, ibu hamil tidak akan mengalami stretch marks

Fakta : Sampai sekarang, berbagai krim yang dijual di pasaran biasanya hanya mengurangi garis- garis yang muncul serta mengurangi rasa gatal yang mungkin menyertainya. Stretch marks cenderung dipengaruhi gen. Jika berat badan Bunda meningkat luar biasa selama hamil, ditambah factor genetic, maka krim yang dioleskan tak berarti banyak. meski stretch marks bisa dihilangkan dengan operasi, tetapi tidak menjamin hilang seluruhnya karena ini tergantung seberapa parahnya stretch marks yang muncul.

·        Mitos : Minum  air es saat hamil membuat bayi besar di dalam kandungan sehingga sulit lahir.

     Fakta: ukuran bayi besar kecilnya biasanya karena faktor makanan yang bergizi baik, keturunan, dan diabetes. Bayi besar banyak dialami mereka yang mempunyai kasus diabetes. Bagi ibu hamil yang mempunyai riwayat kencing manis tidak disarankan untuk terlalu banyak mengkonsumsi gula (dalam es) karena akan meningkatkan kadar gula yang berlebihan sehingga memunculkan penyakit diabetes. Es tidak berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil karena es akan keluar dari tubuh dalam bentuk keringat ataupun air seni.
    
     Alamat Klinik:
Permata Mansion
Blok EE 3 No. 5 Sawangan - Depok
081 29821 5588
Follow Us on Twitter: @BidanGemilang
Email:
TanyaBidanGemilang@gmail.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar