Rabu, 10 Juli 2013

Tentang Bayi Baru Lahir


               Selamat atas kelahiran si kecil. Bagaimana tampilan si kecil, apakah ia besar, kecil, tampak lemah, atau bahkan terlihat jelek, sekalipun karena berwarna merah dan keriput, kelahirannya pasti akan membawa kebahagiaan tersendiri. Bunda takut akan menyakitinya saat menggendong dan memandikannya? Jangan khawatir! Ia memang tampak mungil dan lemah, tetapi ia cukup kuat, bahkan lebih kuat dari yang Bunda pikirkan.

PERNAPASAN
               Suara pernapasan bayi sangat lembut sehingga Bunda sulit mendengarnya. Namun, si kecil juga kerap mengeluarkan suara- suara aneh saat bernapas, seperti suara lendir di dalam saluran napas. Suara seperti lendir terjadi akibat saluran nafas yang masih lunak sehingga setiap menghirup nafas, tercipta tekanan negative yang membuat saluran nafas tersebut berbunyi seperti “grok”. Namun, terdapat pula lendir yang normal di saluran napas bayi pada bulan pertama kelahirannya.

Demikian juga dengan suara seperti dengkuran. Sebetulnya ia tidak benar- benar seperti mendengkur. Suara ini hanya suara vibrasi dari langit- langit lunak di bagian belakang mulutnya saat bernafas. Pada saat yang lain, ia terdengar seperti mendengus. Jangan cemas! Itu disebabkan kontruksi hidungnya yang terlalu mungil sehingga masuknya udara menimbulkan bunyi- bunyian tertentu. Sejalan dengan pertumbuhannya, bunyi- bunyian ini akan hilang dengan sendirinya.

Dengan menjemur si kecil di bawah sinar matahari yang banyak mengandung vitamin D, maka akan membantu menghilangkan suara lendir tersebut. Vitamin D juga berperan dalam mengoptimalkan fungsi pernapasan.

KULIT
Kulit si kecil biasanya tertutup selaput berwarna keputih-putihan dan berminyak yang bernama verniks. Verniks memang dibutuhkan bayi baru lahir untuk melindunginya dari iritasi kulit. Jika kulitnya terlihat seperti bernoda kemerah- merahan, biarkan saja. ini disebabkan pembuluh darah si kecil masih belum terlalu stabil. Lama kelamaan kulitnya akan normal.

KEPALA
Tengkorak kepala bayi terbentuk dari empat lempeng besar yang belum berpadu sempurna. Namun, keadaan inilah yang membantu si kecil saat dilahirkan secara alami agar kepalanya bisa lebih fleksibel saat melewati jalan lahir. Di ujung sebelah atas kepalanya terdapat daerah yang sangat lembut dan rentan karena tulang tengkoraknya belum terpadu. Tempat ini disebut frontalle (ubun-ubun besar). Hati- hati jangan sampai Bunda menekannya terlalu keras.


MATA
Mata si kecil mungkin saja belum bisa terbuka saat dilahirkan atau terlihat merah. Ini adalah sesuatu yang wajar. Tanpa penanganan khususpun akan kembali normal.

RAMBUT
Ada rambut halus yang terdapat pada keseluruhan kulit si kecil. Rambut tersebut dinamakan lanugo. Lanugo akan hilang tidak lama setelah si kecil lahir ke dunia.

Alamat Klinik:
Permata Mansion
Blok EE 3 No. 5 Sawangan - Depok
081 29821 5588
Follow Us on Twitter: @BidanGemilang
Email: TanyaBidanGemilang@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar