Minggu, 07 Juli 2013

Persiapan kehamilan Berikutnya

Tidak hanya kehamilan pertama, kehamilan kedua dan seterusnya pun ternyata membutuhkan persiapan dan perencanaan yang baik. Tidak hanya persiapan fisik, tetapi juga mental. Meskipun tidak ada persiapan yang sifatnya khusus, tetapi tetap saja ada hal- hal yang harus dipertimbangkan. Apa sajakah itu? Simaklah berikut ini.

1.    Mengatur jarak kelahiran
Secara medis, rahim sebenarnya sudah siap untuk hamil lagi tiga bulan setelah ibu melahirkan. Namun, berdasarkan catatan  statistic penelitian Conde Agudelo, bahwa jarak kelahiran yang aman antara anak satu dengan yang lainnya adalah 27- 32 bulan. Pada jarak ini kemungkinan besar bisa memiliki bayi yg sehat serta selamat saat melewati proses kehamilan.

2.    Melepas alat kontrasepsi
Idealnya, hentikan pemakaian alat kontrasepsi beberapa bulan sebelum memutuskan untuk hamil kembali,terutama untuk pemakaian pil kontrasepsi. Hal ini agar siklus menstruasai Bunda normal kembali. Kecuali untuk pemakaian spiral, Bunda bisa langsung hamil begitu alat kontrasepsi dilepas. Adapun untuk metode kontrasepsi suntik. Tunggulah 3 bulan sebelum Bunda memutuskan untuk hamil.

3.    Pemeriksaan Prakehamilan
Apabila bunda sudah siap hamil kembali, yang harus dilakukan oleh Bunda adalah melakukan pemeriksaan untuk mengetahui ada tidaknya hal- hal yang bisa menyebabkan gangguan kehamilan, baik gangguan pada ibu maupun bayinya. Adapun jenis tes yang disarankan adalah tes ginekolog secara lengkap, termasuk tes labolatorium. Jika diketahui Bunda mengalami sakit keras, biasanya dokter akan menyarankan  penundaan kehamilan.

4.    Mempersiapkan anak
Persiapan secara mental untuk si kakak sangat penting dilakukan oleh orang tua terutama Bunda agar si kakak nantinya tidak akan merasa tersisih. Crania sebagai berikut:
·        Jelaskan padanya secara natural bahwa kehadiran adiknya nanti tidak akan membuat perhatian Bunda padanya berkurang bahkan mungkin semakin saying.
·        Semakin besar usia anak maka akan semakin mudah bagi Bunda untuk menjelaskannya. Ia mungkin akan tertarik dengan penjelasan Bunda mengenai apa yang akan terjadi dengan tubuh Bunda dan apa yang ada dalam perut Bunda nantinya.
·        Berjanjilah pada si kakak bahwa kelak ia akan Bunda libatkan saat Bunda dan Ayah akan memilihkan nama untuk si Adik juga saat Bunda membeli perlengkapan untuk si Adik.

·        Libatkan Anggota keluarga lain.
Diskusikan segala kekhawatiran anak pada anggota keluarga lainnya agar kelak Bunda bisa hamil dan melahirkan dengan tenang. Misalnya siapa yang akan membantu mengasuh si kakak nantinya saat Bunda hamil dan akan berada di Rumah sakit untuk melahirkan.


Alamat Klinik:
Permata Mansion
Blok EE 3 No. 5 Sawangan - Depok
081 29821 5588
Follow Us on Twitter: @BidanGemilang
Email: TanyaBidanGemilang@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar